Kamis, 27 Oktober 2011

Belajar C# ,C++ , dan Java Part II

Syntax dasar

Salam jumpa developer

Di waktu yang luang ini saya akan membahas tentang syntax dasar yang digunakan dan wajib untuk di ketahuai sebaga developer untuk mempermudah membuat suatu program, tanpa panjang lebar akan di jelaskan sebagai berikut


Class :

apa itu class?? dalam suatu program class adalah penggolongan yang d gunakan untuk menandai suatu syntax dalam fungsi tertentu agar dapat mempermudah untuk
menjalankan perintah - perintah.

Class hampir sama dengan tipe struct. bedanya class dapat bersifat public, private, dan protected. anggota private hanya di gunakan dalam class/friend. semua anggota class adalah private anggota protected, sama saja dengan private memiliki sedikit perbedaan. anggota public dapat di gunakan oleh semua fungsi juga dapat d gelar d luar dari striktur class. anggota virtuan yang terdapat d public di gunakan untuk memanggil secara otomatis ketika class menjadi objek dengan operator dan juga dipanggil otomatis ketika objek di hapus dengan operator delete objek.

Method :

method menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu di buat serta bagaimana operasi yang dapat di lakukan objek sepanjang hidupnya.
metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
  1. Nama method.
  2. Tipe objek atau tipe primitive yang dikembalikan method.
  3. Dafrat parameter.
  4. Badan atau isi method.
tiga bagian pertaman mengidikasikan informasi penting tentang method itu sendiri dengan kata lain , nama method tersebut = method lain dalam program. dalam program kita dapat memiliki method - method berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi method ini menjadi penting. ini disebut overloading method.

untuk menjalankan program yang memiliki sifat polymorphism tersebut, diperlukan suatu kemampuan overloading, yaitu suatu kemampuan untuk menentukan suatu fungsi yang mana yang harus digunakan atau dilankan jika terdapat nama fungsi yang sama.
polimorfisme bisa diartikan seperti kemampuan suatu variable untuk mengubah perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan. polimorfisme membiarkan lebih dari 1 objek dari sub class dan diperlakukan sebagai objek dari super class tunggal.

Object :


Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.

Membuat object

Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class
yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();

hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai
reference ke instance dari class Date().

untuk mengetahui type data numerik dapat di lihat d bawah ini :

Image Hosted by ImageShack.us
By blueex at 2011-10-27


contoh program dengan menggunakan :

C# sebagai berikut :

Image Hosted by ImageShack.us
By blueex at 2011-10-27


Image Hosted by ImageShack.us
By blueex at 2011-10-27


dengan menggunakan C++ :

Image Hosted by ImageShack.us
By blueex at 2011-10-27

Image Hosted by ImageShack.us
By blueex at 2011-10-27

Versi Java :

Image Hosted by ImageShack.us
By blueex at 2011-10-27

Image Hosted by ImageShack.us
By blueex at 2011-10-27

untuk yang ingin melihat file C# C++ dan java dapat di download dibawah ini


cukup sekian pembelajaran di waktu luang ini.
kurang lebihnya saya meminta maaf jika kalau terdapat kesalahan dalam pembelajaran.
karena saya sebagai mahasiswa yang masih perlu banyak belajar

sampai berjumpa lagi untuk para developer.
sekian dan terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More